Selasa, 09 Desember 2008

Kostum Tamborine


Karena banyaknya permintaan dari beberapa surat yang masuk, maka Rivera kali ini akan membahas mengenai tips-tips untuk mendisain kostum tamborine.


Pada waktu ketika tarian tamborine di perkenalkan pertama kali, Magrate Yap menyarankan konsep kostum tamborine dasar yang berupa kemeja blouse tangan panjang satin putih, rok lingkar penuh satin putih dan kulot yang terbuat dari bahan yang sama. Tak lupa juga pakaian lapisan dalam berupa leotard dan stoking putih beserta sepatu ballet.



Dan untuk hiasanya, dapat menggunakan efod dengan bahan yang memiliki warna yang terang atau berkilau.


Nah, dari kostum dasar tersebut, masih banyak yang bisa kita kreasikan sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Berikut Rivera akan membahas sedikit demi sedikit bagian-bagian dari kostum tamborine yang dapat di kembangkan lebih lanjut.



MODEL KERAH / BAGIAN LEHER



Ada beberapa bentuk kerah / bagian leher yang dapat kita pilih untuk kostum dasar tamborine kita. Berikut adalah beberapa pilihan sebagai berikut:


- Leher lingkar (plain round neck)


Pilihan untuk bagian leher ini cukup mudah dan tergolong membuat pembuatan kostum tamborine menjadi lebih cepat. Jenis model leher ini sangat cocok apabila kita mo memberi kesan seperti pakaian malaikat (Angelic look) dan sangat cocok di padu dengan lengan model lonceng ( akan kita bahas setelah ini )



- Leher kura-kura (turtle neck)

Pilihan model untuk leher ini membuat terkesan lebih rapih dan lebih anggun, sangat cocok untuk orang dengan leher yang jenjang.



- Leher shang-hai (Shang-hai neck)

Piilhan model ini sama seperti model leher kura-kura (turtle neck) membuat menjadi lebih anggun dan rapih.


MODEL TANGAN


- Tangan balon (kerut)

Ini adalah model yang mudah untuk tangan. Yaitu dengan mengerutkan di bagian pergelangan tangan dengan karet, sehingga memudahkan untuk melepaskan dan memakai dengan cepat.



- Tangan model baju bangsawan (princess)

Tangan model ini cukup cantik terlihatnya, apalagi bila di hiasi dengan sedikit renda-renda di unuknya. Tangan model princess ini contohnya seperti pada gambar disamping.



- Tangan Model Lonceng

Seperti yang sudah di bahas diatas, bentuk tangan seperti ini sangat bagus dipadukan dengan leher bentuk bulat (round neck) untuk kostum dengan kesan "Angelic look".



EFOD


Kita sudah membahas berbagai variasi yang bisa kita aplikasikan ke kostum dasar tamborine. Sekarang kita akan membahas mengenai model-model efod variasi yang bisa di gunakan teman-teman sekalian untuk hiasan kostum dasar tamborine.


Dibawah ini adalah beberapa contoh model variasi efod yang bisa Rivera sarankan:



Indian's look (model India)



Model efod ini seperti baju sari yang biasa dikenakan orang India. Yaitu kain yang diselempangkan di pundah melewati dada dan di tahan dengan sabuk. Bentuknya seperti yang dapat kita lihat di gambar di atas.



Greek's look (model Yunani)



Model efod ini seperti baju yunani kuno. Yaitu kain yang di kerutkan di kedua belah sisi pundak. Bentuknya seperti yang dapat kita lihat di gambar atas.



KOSTUM TAMBORINE MODERN



Kita sudah membahas beberapa contoh variasi untuk kostum tamborine dan efod-nya. Namun, seperti yang pernah Rivera bahas dalam artikel sebelumnya yakni mengenai memilih kostum tari sesuai dengan lagu yang akan dibawakan, hendaklah kita juga dalam mendisain kostum tamborine dengan menyesuaikan lagu yang akan dibawakan.


Tidak selamanya kostum tamborine harus dengan kain satin putih, rok lingkar penuh, dsb seperti kostum tamborine pada umumnya. Kita dapat menyesuaikan dengan tarian yang akan dibawakan. Misalkan, apabila lagu yang akan kita tarikan dengan tamborine bernuansa modern, maka kostum tersebut dapat kita sesuaikan dengan contoh gambar seperti dibawah ini.


Namun, sekali lagi Rivera sangat menyarankan agar hendaknya setiap kostum yang kita rancang, selalu mengacu kepada konsep jubah imam seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya.

Belajarlah berkreatifitas dan janganlah takut untuk mencoba hal-hal baru. Tips dari Rivera yang mungkin bisa juga berguna buat teman-teman sekalian adalah, rajin-rajinlah membaca majalah-majalah yang berisikan fashion atau mode. Dari situ, kalian bisa mendapatkan ide-ide untuk merancang kostum kalian



-Rivera Monarie-

1 komentar:

chees mengatakan...

mw nanya, dmana qt bs mnjahit baju tamborin? krna tdk smua pnjahit mngerti bju tamborin, dn seringkali baju yg tlah dijahit kurang memuaskan,, trims,,