Senin, 29 September 2008

KOSTUM


Dalam sebuah pertunjukan tari, kostum memegang peranan yang cukup penting untuk mempertegas efek tarian. Sebuah komposisi tarian dapat diperindah dengan rancangan kostum yang tepat dan sesuai. Namun, sebuah komposisi tarian dapat juga menjadi berantakan hanya karena kesalahan pada rancangan kostum.

Pada dasarnya, mengkomposisikan sebuah kostum mulai dari desain, pemilihan fabrik, penentuan warna dan motif tidaklah terlalu sulit. Prinsipnya, yang harus kita tanamkan dalam benak kita terlebih dahulu adalah:


Tarian adalah bentuk hidup dari sebuah musik. Kostum yang kita kenakan mewakili konsep yang hendak kita tampilkan kepada penonton. Kostum mempertegas tarian yang kita bawakan. Jadi, kostum yang di kenakan haruslah sesuai dengan lagu atau musik yang mendasari dari tarian yang dibawakan.


Berikut Rivera ingin membagikan kepada teman-teman sesama penari semua beberapa tips-tips untuk mengkomposisikan kostum untuk dipentaskan dalam sebuah pertunjukan tarian:


WARNA

Let’s experiment!



Satu hal yang amat menyenangkan di dalam etika warna kostum di panggung adalah: Semua tabrakan warna baik yang disengaja maupun tidak disengaja dapat di ma’afkan!



Jadi, jangan takut untuk mencoba warna-warna baru atau mix and match satu warna ke warna lain untuk sebuah pertunjukan tarian di atas panggung yang penuh dengan lampu sorot dengan suasana riang dan gembira, walaupun warna tersebut tidak senada.


Warna-warna berani dan ‘eye catching’ ini sangat cocok untuk sebuah pertunjukan tari dalam suasana pesta, mengiringi lagu-lagu riang dan bertempo cepat.


Graceful and Majesty


Untuk dibeberapa pertunjukan tarian tertentu, pemilihan warna-warna yang tenang dan yang ‘meredam emosi’ disamping warna-warna dominan sangat di anjurkan. Kita dapat memadukan dua warna dalam satu baju, ataupun bahkan tiga. Lebih dari tiga tidak dianjurkan karena akan memusingkan pandangan. Namun dalam kondisi tertentu, memadukan warna lebih dari tiga di satu kostum dapat menjadi pilihan untuk membuat kostum. Contohnya apabila kita menarikan karakter bunga-bunga, kupu-kupu, kembang-kembang gula, dsb.


Berikut ada beberapa saran-saran pemaduan warna dari Rivera Monarie:


Ungu tua, lavender, putih dan gold




Maroon, dusty pink, light pink






Pink cerah,
biru langit cerah, ungu cerah






Hijau,
orange , gold






Maroon, coklat mud a cerah (café latte) putih krem





Warna-warna ini dapat digunakan untuk pertunjukan tarian yang bernuasa sedikit melankolis, dengan irama beat yang sedang dan musik yang tenang.


Softly windblows


Untuk acara-acara dimana pertunjukan tarian disaksikan dalam radius yang cukup dekat seperti perjunjukan tari di pernikahan, ataupun tema tarian yang lebih halus dan syahdu, disarankan untuk mengkomposisikan dua warna saja dalam satu kostum. Karena perpadua lebih dari itu, agak sedikit mengganggu apabila dilihat dari dekat.


Terlebih baik lagi apabila dua warna tersebut adalah bentuk gradasi dari satu warna terang ke warna gelap. Warna ketiga bisa dijadikan tambahan, namun di sarankan untuk tidak mendominasi perpaduan warna yang sudah ada. Dalam perbandingannya sebagai berikut: 4:4:2. Warna ketiga tersebut bisa juga menggunakan warna yang agak mencolok atau lebih dominan seperti gold atau silver.


Berikutbeberapa saran perpaduan dua atau tiga warna dari Rivera Monarie:


Pink gelap dan pink muda (dapat di hiasi sedikit warna gold di beberapa tempat)

(4 pink gelap: 4pink muda: 2warna gold)



Ungu gelap dan ungu tua (dapat juga dihiasi warna gold di beberapa tempat)



Biru muda dan orange (dapat dihiasi dengan warna kuning lembut atau hijau tosca).



Merah maroon dan dusty pink



dsb.


Warna seperti ini dapat digunakan untuk pertunjukan tarian dengan latar belakang musik yang sedikit mendayu-dayu dan sangat melankolis.


Hard Contrast


Warna-warna dominan juga dapat di padukan dengan warna-warna yang sama dominannya, hingga menghasilkan suatu nuansa yang keras. Tidak ada suatu petunjuk khusus untuk memadukan dua warna contrast menjadi satu warna karena pada dasarnya perpaduan dua warna contrast memiliki keseimbangankekuatan yang sama. Namun kita dapat mengontrol dua warna tersebut dengan menggunakan perbandingan seperti: 7:3 atau 6:4 atau bahkan 8:2.


Berikut beberapa contohperpadua dua warna kontras dari Rivera Monarie:


Merah dan hitam




Merah dan kuning




Biru dan hitam




Orange terang dan hitam




Gold dan hitam












dsb


Warna-warna seperti ini dapat digunakan untuk pertunjukan tari seperti tarian kontenporer, tarian modern, idealis art performance, dsb.



...(to be continued)

Tidak ada komentar: