Jumat, 19 September 2008

Minutes to performance....(part1)

Tentulah setiap penari menghendaki sebuah pertunjukan yang sukses, tanpa kurang suatu apapun. Untuk terlaksanannya sebuah pertunjukan yang sukses, semua dimulai dari persiapan awal yang matang dan teratur. Mulai dari hal yang paling besar, sehingga hal yang paling kecil, semua harus di pikirkan matang-matang karena terkadang hal-hal yang kecil yang sering terlewatkan oleh kita itulah yang terkadang bisa menjadi masalah besar.

Berikut Rivera Monarie hendak membagikan tips-tips berdasarkan dari pengalaman-pengalaman Rivera Monarie, untuk para pembaca yang kemungkinan bergerak juga di bidan tari juga.

Persiapan Kostum

Sehari atau beberapa hari sebelum pertunjukan, ada baiknya kita sebagai penari melakukan cek kostum untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ada beberapa hal-hal yang disarankan untuk diperhatikan:

- Ukuran Kostum


Terkadang ukuran tubuh kita dapat berubah dalam waktu yang lama atau waktu yang singkat tanpa kita sadari. Maka dari itu, ada baiknya kita mencoba lagi kostum kita yang akan kita kenakan dihari pementasan untuk memastikan kostum tersebut menjadi tidak terlalu sempit atau menjadi kelonggaran sehingga menggangu saat pementasan.


- Jahitan dan Resleting

Pastikan tidak ada jahitan yang robek atau lepas sehingga tidak membuat lubang pada kostum, dan pastikan resilting kostum berfungsi dengan benar.




- Accessories Pendukung

Disarankan untuk para penari untuk menyiapkan asesoris pendukung seperti dibawah ini:

1. Peniti
2. Jarum jahit
3. Benang dengan warna senada kostum
4. Gunting

Hal-hal diatas tersebut dapat sangat berguna untuk keadaan darurat seperti kostum robek, kostum yang lepas jahitannya, kostum kelonggaran, dsb. Usahakan apabila anda harus menggunakan peniti, usahakan peniti tersembunyi didalam dan tidak tampak dari luar agar terlihat tetap rapih.

Untuk Jarum Jahit, pilihlah warna yang senada dengan warna bahan yang akan di jahit agar terlihat rapih. Pastikan benang benar-benar kuat sehingga tidak gampang putus ketika kita bergerak.

Perlengkapan Penari

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek ulang perlengkapan untuk pertunjukan tarian kita seperti berikut:

- Sepatu tari
- Stoking / kaus kaki
- Leotard / baju dalam
- Pakaian dalam yang nyaman
- Tissue atau handuk untuk menyeka keringat
- Perlengkapan make-up
- Pembersih make-up
- Kapas pembersih make-up


Pada hari pementasan, pastika barang-barang yang akan dibawa semuanya sudah dikemas dengan rapih agar tidak ada yang tertinggal. Sangat disarankan untuk membuat cek list agar tidak ada satu hal pun yang terlewatkan.

Jangan lupa untuk memastikan CD atau kaset lagu tidak tertinggal.

Tips:

Ada baiknya untuk membawa lagu yang akan ditampilkan dalam bentuk CD dan disarankan CD yang asli karena kebanyakan sound system sekarang menggunakan CD player yang tidak bisa membaca format CD copy. Disamping itu, suara yang di hasilkan akan terdengar lebih jernih.



Apabila yang tersedia hanya kaset, pastikan pita tidak kusut agar kaset dapat terus berputar selama pertunjukan dan tidak terhenti di tengah-tengah petunjukan. Agar aman, usahakan membuat kopi agar apabila hal tersebut terjadi, dapat segera di antisipasi dengan menggunakan kaset cadangan.

Hal ini juga berlaku untuk CD. Disarankan untuk membawa CD copy untuk cadangan, untuk mengantisipasi apabila CD asli rusak. Tentunnya, CD copy tersebut harus di tes dulu pada CD player yang tersedia.

Diskman juga dapat dijadikan suatu antisipasi apabila tidak tersedia CD player atau CD player tidak dapat membaca data musik. CD dapat di putar di diskman dan diskman tersebut dapat disambungkan ke speaker.



...to be continue

Tidak ada komentar: