Minggu, 19 Juli 2009

Rancangan-Ku bukanlah rancangan kecelakaan...



Masih ingat performance on-line yang kami tayangkan beberapa waktu yang lalu?


Teman-teman sekalian tentunya sudah mengetahui berita duka yang belakangan ini ditayangkan di media, mengenai bom yang meledak di hotel Ritz Carlton dan JW Marriot. Sungguh disayangkan bahwa Indonesia kembali berduka dan beberapa dari kita harus kehilangan orang-orang terdekatnya.


Baru saja di performance on-line sebelumnya, kita membahas tentang kejadian sekeliling kita yang kadang membuat kita menjadi khawatir akan hari esok. Tentunya dengan kejadian yang baru saja terjadi, membuat beberapa dari kita menjadi bertanya-tanya....kenapa ini harus terjadi? kenapa harus ada korban lagi?


Kita kadang tak pernah mengerti kenapa dan mengapa kadang Tuhan mengijinkan sesuatu terjadi baik buruk atau baik. Malah terkadang kita sama sekali tidak bisa menelaahnya dengan logika kita. Namun teman-teman, Tuhan pernah berfirman:



"TUHAN berkata, "Pikiran-Ku bukan pikiranmu, dan jalan-Ku bukan jalanmu."
(Yesaya 55:8)



Memang terkadang apa yang Tuhan ijinkan terjadi, tidak selalu dimaksudkan untuk dimengerti oleh manusia. Teman-teman sekalian, mari kita bersama-sama membaca sebuah ayat dalam Alkitab yang mungkin teman-teman sudah pernah membaca sebelumnya:



“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”
(Yeremia 29:11)



Teman-teman sekalian, Tuhan memberikan sebuah janji yang indah buat kita semua dalam ayat ini. Bahwa Dia tidak memberikan kepada kita rancangan kecelakaan, namun rancangan damai sejahtera untuk memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan.


Jadi teman-teman, walaupun apa yang terjadi di sekeliling kita tidak dapat kita pahami dan tak dapat kita mengerti, mungkin memang tidak dimaksudkan untuk dimengerti oleh kita. Atau mungkin tidak sekarang kita dapat mengerti segala sesuatunya. Tapi teman-teman, Tuhan memberikan janji pada kita, bahwa apapun yang dirancang-Nya untuk kita, akan indah pada waktunya.



"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah mengandalkan pengertianmu sendiri."
(Amsal 3:5)




-Rivera Monarie-

Tidak ada komentar: